Harga Honda Mobilio Facelift di Jakarta

Dari sekian banyaknya mobil jenis Low-end MPV dan yang menarik perhatian tentunya adalah Honda Mobilio, pasalnya setelah sekian lama berkiprah di Indonesia baru kali ini brand otomotif asal negeri sakura menghadirkan mobil keluarga murah bagi para pemburu kendaraan roda empat dibursa otomotif lokal. Tak ada keraguan sama sekali ketika PT Honda Prospect Motor sebagai APM secara resmi meluncurkan Mobilio E, S, Prestige dan RS diajang pameran tahunan bergengsi yaitu Indonesia International Motor Show pada tahun 2014 lalu. Menariknya, setelah peluncuran MPV seven-seater tersebut, baik Toyota, Daihatsu, Suzuki serta Nissan merasa perlu adanya perubahan strategi pemasaran sebab Honda Mobilio dianggap sebagai sebuah ancaman terhadap eksistensi mereka.

Secara pribadi saya menganggap langkah tersebut sangatlah jitu apalagi harga mobil Honda Mobilio ditawarkan kepada konsumen sangat kompetitif sehingga kita sebagai pengguna loyal produk otomotif Jepang semakin banyak opsi apalagi selama ini dikategori LMPV memang hanya didominasi oleh duo Avanza-Xenia dan Ertiga mengikutinya walaupun populasinya belum mampu menyaingi kedua amunisi dari Astra Group tersebut. Untuk mengurangi dominasi tentu saja Honda Mobilio dibuat dengan berbagai kelebihan yang tak dimiliki oleh para pesaingnya terutama untuk urusan desain dan performa namun mementingkan aspek efisiensi penggunaan bahan bakar. Sebagai sebuah brand ternama tentu saja dalam menghadirkan Mobilio, HPM tak menemui kendala berarti dan hal ini sepatutnya mereka ucapkan terimakasih pada konsumen di Indonesia karena Honda dianggap sebagai brand dengan karakteristik tersendiri sehingga begitu terpampang pada booth Honda di IIMS, serentak para pengunjung langsung melakukan pemesanan walaupun harga Honda Mobilio saat itu masih estimasi atau dalam penjualan otomotif disebut dengan istilah BBN tidak mengikat.

Seperti diberitakan oleh situs www.hargahondamobilio.com bahwa hingga saat ini baru sekali ATPM menaikkan harga OTR Honda Mobilio dan ini terpaksa dilakukan mengingat lemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar yang menyebabkan naiknya ongkos produksi setiap unit bahkan distributor menegaskan bahwa kenaikan harga bukan hanya pada mobil Honda Mobilio namun juga para competitor telah terlebih dahulu menaikkannya. Memang tak bisa dipungkiri bahwa bursa otomotif nasional sangat dipengaruhi oleh kondisi perekonomian karena biar bagaimanapun setiap konsumen akan berpikir dua kali untuk memiliki Honda Mobilio maupun kendaraan lainnya jika kondisi ekonomi sedang mengalami masa sulit. Masa transisi kepemerintahan memang menjadi alasan yang dapat diterima untuk saat ini namun kita tentu saja berharap agar ekonomi Indonesia menuju kearah baik sebab jika terus seperti sekarang maka bisa dipastikan bahwa inflasi akan terus meningkat dan semua industri atau bisnis pasti gulung tikar. Menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintahan dibawah pimpinan Bapak Joko Widodo dan Bapak Jusuf Kalla untuk membawa Indonesia kearah lebih baik.

Hingga bulan April 2015, harga jual Honda Mobilio tipe terendah (S) yakni Rp. 163Juta sedangkan paling mahal (RS) Rp. 217Juta. Kita tentu saja berharap agar HPM tidak menaikkan harga lagi sebab jika dinaikkan tanpa adanya upaya peningkatan desain interior yang dianggap sebagai kelemahan jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Mungkin saja pabrikan mempertimbangkan karena jika dibuat interior semewah Ertiga tentu saja harga akan lebih tinggi dan bisa dipastikan akan susah bersaing dengan para pesaing walaupun sama-sama berasal dari satu negara.
Spesifikasi Honda Mobilio E, S, Prestige dan RS

Desain eksterior Honda Mobilio E,S, Prestige dan RS pada dasarnya sama namun untuk varian tertinggi sudah dilengkapi dengan body kit dimana jika pada ketiga tipe lainnya dijadikan sebagai opsi (aksesoris) sehingga anda perlu mengeluarkan biaya tambahan diluar dari harga baru Honda Mobilio itu sendiri. Untuk sebuah Low-end MPV bisa saya katakan bahwa untuk eksterior Mobilio pemenangnya karena lebih berkelas dan memiliki karakteristik tersendiri seperti mobil Honda lainnya. Bentuk grille hingga lekukan-lekukan membuatnya terlihat sangat futursitik sehingga saya merekomendasikan kalau ingin beli mobil keluarga murah dengan desain anggun, Honda Mobilio bisa jadi pertimbangan anda dan keluarga.

Eksterior yang anggun ternyata tidak diimbangi oleh desain interior Honda Mobilio karena justru seperti sudah saya utarakan diatas bahwa untuk bagian dalam kabin sendiri, masih kalah dari Ertiga sehingga ini menjadi salah satu kelemahan Honda Mobilio hingga kompetitornya terkadang menekankan persoalan tersebut namun sekali lagi bukan Honda namanya jika kelemahan malah dijadikan kelebihan karena segala ditutup dengan paket kredit cerdas dan hemat bahkan konsumen bisa memperpanjang masa garansi namun ada biaya tambahan lagi. Pemberian diskon juga membuat harga Mobilio tetap saja kompetitif. Kekurangan interior pada tipe S, R ternyata ditutupi oleh tipe Prestige dan RS dimana sekali lagi saya katakan bahwa itu adalah strategi pasar mereka.

Sedangkan untuk performa, semua tipe Mobilio dibekali mesin bensin 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC, DBW yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 118PS diputaran 6.600RPM dan torsi 145NM pada putaran 4.600RPM. Untuk sebuah LMPV berlabel mobil murah tentu saja sangat bertenaga dibandingkan Avanza sekalipun. Mesin i-VTEC terbaru ini diklaim lebih irit namun tetap memiliki performa memadai. Jika dibandingkan dengan Singapura, harga Honda Mobilio di Indonesia lebih murah maka kita perlu bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk memilikinya dengan harga relative terjangkau.