Pasar Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio Menurun

Bisnis otomotif di Indonesia akhir-akhir ini tengah mengalami penurunan dan beberapa penybabnya adalah naiknya suku bunga juga perekonomian nasional yang mengalami stagnan sejak pergantian pucuk pimpinan tertinggi dinegeri seribu pulau ini. Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio yang sebelumnya digadang-gadang akan mampu menjegal langkah Astra ternyata hanya mampu menahan laju Daihatsu Xenia namun untuk Toyota Avanza rasanya begitu sulit karena kekuatan brand serta luasnya jaringan pemasaran Toyota di Indonesia.

PT Suzuki Indomobil Sales hingga kini memang belum menghadirkan produk baru atau dengan kata lain melakukan penyegaran pada Ertiga mungkin saja menjadi salah satu alasan lainnya akan tetapi bila kita amati perkembangan perekonomian seperti yang terjadi belakangan ini tentu saja bukan hanya jual beli mobil yang akan terjadi penurunan namun juga akan berlagu disemua sektor industri. Para produsen otomotif melalui APM yang ada di Indonesia memang terus berupaya untuk mempertahankan harga On-the-Road dari tiap unit yang dipasarkan meskipun adanya pelemahan nilai tukar rupiah karena perekonomian beberapa negara besar seperti Amerika Serikat mengalami kenaikkan yang cukup signifikan. Seperti janji distributor untuk menawarkan harga sekompetitif mungkin telah dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales melalui semua dealer yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Showroom Puri Indah yang berlokasi di Jakarta Barat menjadi salah satu bukti bahwa harga yang ditawarkan tetap terjangkau khususnya bagi mobil keluarga murah yang diimpor secara Completely-Knock Down dari Maruti Suzuki di India. Namun penurunan bukan berarti karena build-quality dari mobil-mobil tersebut kurang bagus namun dari segi fitur justru lebih unggul dari duo Avanza-Xenia hanya saja seperti yang sudah kami katakan bahwa kondisi pasarlah yang menjadi kendala atau perkembangan penjualan otomotif nasional. Konsumen memang sedang menunggu moment yang tepat untuk memiliki salah satu dari sederatan Low MPV yang dipasarkan dan namanya juga bisnis pasti akan mengalami grafik naik juga turun. Namun untuk menyiasati hal itu tentu saja SIS mengambil beberapa langkah promosi sehingga para calon pembeli akan lebih mudah dalam memiliki mobil impiannya bersama keluarga.
Penjualan Toyota Avanza dan Honda Mobilio Juga Turun

Berdasarkan data dari hasil obrolan kami dengan salah satu staff marketing Honda yang juga memiliki sebuah media promosi yang beralamat di HargaHondaMobilio.com mengatakan bahwa penjualan Mobilio selama Maret juga juga mengalami penurunan namun tidak terjadi pada varian CR-V dan juga pendatang baru HR-V yang justru sedang menjadi “Hot item” Honda. Publik Indonesia memang selalu mencoba sesuatu yang baru dan hal ini sangat terlihat pada mobil-mobil baru yang mampu mencetak angka penjualan seperti tahun 2012 lalu dimana Ertiga berhasil menggungguli lainnya bahkan hingga dijuluki sebagai fenomena otomotif nasional sebab sebelumnya banyak pihak yang meragukan apakah Ertiga akan mampu mendapat tempat dibursa otomotif nasional pasalnya dikelasnya sudah hadir Avanza, Xenia juga Nissan Grand Livina.

SIS sendiri menghadapi situasi seperti ini dengan sabar dan terus berharap agar pemerintah mendapat formula jitu dalam memajukan perekonomian Indonesia sebab stabilitas keamanan dan politik dinegeri ini sudah mulai berjalan dengan baik meski diawal pergantian tampuk kepemimpian terjadi polemik yang luar biasa sengitnya antara pendukung kedua kandidat yang mencalonkan diri sebagai pemimpin bangsa lima tahun kedepan. Namun kini kembali bersama-sama membangun bangsa dan harapan kita semua semoga semua jenis industri ditanah air akan kembali berjalan normal demi masa depan kita bersama.

Banyak produk yang dipasarkan oleh seluruh produsen melalui APM sebenarnya telah memiliki segmennya masing-masing. Salah satu contohnya adalah Swift Sport Hatchback yang memang ditargetkan bagi kawula muda Indonesia atau Ertiga yang ditargetkan bagi segmen menengah sehingga mereka dapat memiliki mobil dalam menjalankan aktivitasnya masing-masing seperti kekantor, antar anak sekolah dan lain sebagainya. Baca juga HPM Terus Memperkenalkan HR-V Keseluruh Indonesia dan Honda HR-V Ungguli Penjualan Nissan Juke.