Suzuki Ertiga Siap Bersaingan Dengan Low MPV Lainnya

mobil Suzuki Ertiga facelift

Dengan diluncurkannya New Suzuki Ertiga 2015 facelift baru-baru ini, maka persaingan pasar mobil di kelas Low MPV akan semakin sengit. Sebagaimana kita ketahui, bahwa mobil MPV (Multi PurposeVehicle) merupakan jenis mobil yang paling digemari oleh masyarakat karena mampu mengangkut banyak penumpang sehingga cocok digunakan sebagai mobil keluarga. Apalagi pada kelas Low MPV, ini merupakan kategori mobil MPV yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Pada kelas mobil Low MPV, selain mobil Ertiga, terdapat mobil-mobil terkenal lain seperti Avanza (Toyota), Grand Livina 1.5 (Nissan),Mobilio (Honda), APV (Suzuki), Pregio (KIA), Xenia, Luxio, dan Gran Max (Daihatsu).

Jika dibandingkan dengan mobil low MPV sekelasnya, mobil Ertiga terbaru memiliki berbagai macam kelebihan/keunggulan. Kelebihantersebut antara lain pada sektor mesin yang mengusung tipe K14B DOHC 4 silinder 16 katup dengan teknologi VVT (VariableValveTiming) air intake yang didukung oleh sistem MPI (Multi PointInjection). Dengan sistem tersebut daya maksimum yang dihasilkan cukup besar yaitu mencapai 95 ps pada 6000 rpm dan torsi maksimum mencapai 130 Nm pada 4000 rpm. Desain mesin lebih kompak dan ringan sehingga handlingnya stabil dan pada sistem transmisinya lebih hemat komponen. Walaupun menghasilkan daya yang besar, dengan teknologi mesinnya, mobil ini sangat irit bahan bakar jadi membuatnya lebih ekonomis.

Pada penampilan Eksteriornya, mobil Ertiga terbaru juga terlihat lebih elegan dan modern sehingga mampu bersaing dengan rivalnya yang juga sama-sama mengusung keindahan penampilan ekterior, yaitu Honda Mobilio. Desainnya yang aerodinamis dan material plat bodinya yang cukup tebal dan kuat membuat mobil ini memiliki handling dan stabilitas yang baik walaupun dipacu dengan kecepatan tinggi. Sedangkan pada interiornya juga terlihat mewah dan berkelas dengan balutan warna darkgrey dan darkbrownnya. Pada kabinnya terlihat lebih longgar sehingga cukup nyaman baik untuk kepala maupun kaki penggunanya. Ruang bagasinya pun juga cukup luas. Pada sisi kemudi dilengkapi dengan heightadjuster untuk mengatur tingginya kursi kemudi, terdapat tombol audio systemcontrolling untuk mengatur sistem audio, sistemimmobilizer, keylessentry, dan parking sensor.

Pada bagian suspensinya, mobil ini menggunakan sistem macphersonstrutswithcoilsprings pada bagian depan, dan torsionbeamwithcoilsprings pada bagian belakang. Dengan perpaduan teknologi tersebut membuat mobil ini terasa sangat nyaman dikendarai dalam segala medan dan tetap tangguh walaupun membawa banyak penumpang. Pada bagian keamanan, mobil ini mengutamakan keselamatan penumpangnya dengan adanya fitur door impact beam, dual air bags SRS, dan sabuk pengaman pada setiap kursi,untuk dapat melindungi diri penumpangnya saat terjadi kecelakaan. Pada sisi pengereman, Ertiga dilengkapi teknologi ABS dan EBD sehingga sangat pakem dan aman untuk mengendalikan mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi.

Untuk menciptakan ketenangan dan kenyamanan saat berkendara, mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat anti bising (noise), peredam getaran (vibration), dan peredam getaran. Dari sisi harga, maka harga mobil Ertiga terbaru ini tergolong lebih terjangkau. Harga purna jualnya pun juga dipandang masih tinggi dan cukup stabil. Suku cadangnya dikenal cukup mudah dan mudah didapatkan. Sehingga dengan kelebihan spesifikasi, fitur, serta harganya tersebut, mobil ini diprediksi dapat menyaingi rival-rivalnya pada kelas mobil Low MPV, terutama akan bersaing dengan mobil yang lebih dahulu sudah terkenal sebelumnya yaitu Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia. Mobil ini sangat cocok bagi anda yang membutuhkan mobil keluarga yang nyaman, aman, harga bersahabat, sekaligus mempunyai penampilan yang menawan.

Harga Mobil Suzuki Ertiga Facelift Tetap Kompetitif

Mobil Suzuki Ertiga Facelift menjadi salah satu unggulan baru dari Suzuki yang baru dirilis bulan Agustus 2015 ini. ErtigaFacelift disebut-sebut sebagai respon Suzuki terhadap kemunculan Grand New Toyota Avanza. Namun tentunya, Suzuki berusaha menjadi pembeda. Suzuki memperkenalkan beberapainovasi baru pada mobil terbaru mereka. Sebagai informasi, bukan hanya dari sisi tampilan luarnya saja, namun Suzuki juga menerapkan beberapa beberapa hal baru dari sisi interior. Perbedaan ErtigaFaceliftdengan versi sebelumnya memang tidak terlalu banyak.Namun memang ada beberapa perubahan dan penambahan fitur yangmembuat mobil Ertiga Facelift ini disebut sebagai penyempurnaan Ertiga lawas. Di mana fitur-fitur tambahannya didapatkan dari masukan-masukan para konsumen.

Jika dilihat secara keseluruhan, memang ada beberapa perbedaan antara Suzuki Ertiga Facelift terbaru dengan versi lawas. Terutama jika dilihat dari sisi desain eksterior dan interiornya. Ada beberapa bagian yang membuat Ertiga versi terbaru ini terlihat lebih berkelas dan mewah. Sekarang kita mulai bahas dari sisi interiornya. Apa saja fitur baru yang ada di bagian dalam? ErtigaFacelift memiliki dashboarddi bagian atas dan punya doortrim berwarna hitam yang mungkin agak mirip dengan Nissan Grand Livina. Ada juga fitur baru yang tidak ada pada Ertiga versi sebelumnya,yakni fasilitas AC digital.

Untuk jok mobilnya, mobilErtigaFacelift ini masih mengusung jok kulit yang sama dengan versi sebelumnya. Bukan hanya joknya saja yang dari kulit, tapi lingkar kemudinya juga dibalut dengan kulit sehingga membuat desain interior ErtigaFacelift terlihat lebih mewah. Namun sayang, Suzuki tidak memasukkan beberapa fitur yang ada pada Suzuki Swift, salah satunya fitur KeylessEntry. Ertiga terbaru ini mengusung ruang kabin yang lebih luas. Sehingga penumpang dan barang yang bisa masuk ke dalam mobil bisa lebih banyak. Apalagi dengan kursi di baris ketiga yang bisa dilipat menjadi rata.Pada bagian luar atau eksteriornya, Anda juga bisa melihat ada sedikit perbedaan antara Suzuki Ertiga versi tahun 2014 lalu dengan yang baru dirilis.

Perbedaan terdapat pada bagian lampunya. Untuk versi terbaru, desain lampunya terlihat lebih dinamis dengan bagian sudut yang lebih tumpul. Akan tetapi Ertiga tetap mempertahankan bentuk trapezoid. Fitur unggulan lainnya dari ErtigaFacelift ini adalah kaca elektrik yang juga dilengkapi sensor pada bagian kemudi. Ditambah lagi adanya consolebox dan socket listrik di deretan kursi bagian tengah. Bagaimana dengan performa mesinnya? Singkat saja, mobil baru besutan Suzuki ini dibekali dengan mesin 4 silinder 1,4 liter VVT, masih sama dengan mesin yang digunakan pada Ertiga versi 2014.Dengan adanya beberapa tambahan terutama dari sektor desain interior dan eksterior, maka jangan heran kalau Ertiga mengalami kenaikan harga.

Ertiga Facelift ini dipatok dengan harga yang cukup lumayan. Ada beberapa tipe Ertiga yang terbaru, mulai dari tipe GA, GL dan GX. Harganya berkisar antara Rp 179 juta-an hingga Rp 200 juta-an. Namun jika dibandingkan dengan Toyota Grand New Avanza, harga ErtigaFacelift ini lebih mahal sekitar Rp 10 hingga Rp 15 juta-an. Mobil ini sudah bisa dipesan oleh para konsumen dan kabarnya akan segera dikirim ke para konsumen mulai bulan September 2015. Demikian informasi singkat mengenai spesifikasi dan harga mobil Suzuki Ertiga Facelift. Semoga bermanfaat bagi anda yang berencana membeli Ertiga Facelift.